Jumat, 15 Oktober 2010

Teknik Promosi Penjualan Perusahaan Furniture

Perdagangan Internasional selain menawarkan peluang dan keuntungan yang besar bagi para pengusaha juga menuntut biaya, waktu, dan perhatian yang besar. hal tersebut disebaban karena semakin banyaknya perusahaan yang mempunyai usaha sama atau sejenis. Sehingga membawa dampak persaingan yang sangat tinggi dan membuat diantara perusahaan saling berlomba untuk memperebutkan pasar agar dapat mencapai laba yang diinginkan dan dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.
Salah satu usaha perusahaan dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya adalah dengan melaksanakan kegiatan promosi penjualan. 
Dilaksanakannya promosi penjualan oleh perusahaan mempunyai tujuan, yakni agar perusahaan dapat memperkenalkan produknya pada calon pembeli, menarik perhatian konsumen agar mau membeli produk perusahaan serta pada akhirnya dapat memenangkan persaingan baik di pasar dalam negeri maupun pasar di luar negeri.
Disini penulis tertarik untuk mengetahui promosi penjualan yang digunakan oleh perusahaan Furniture yang meliputi :
1. alat promosi penjualan apa saja yang digunakan oleh perusahaan
2. apakah sasaran promosi penjualan yang diperhatikan perusahaan 
3. faktor - faktor promosi penjualan apakah yang diperhatikan oleh perusahaan
Untuk tiap – tiap sasaran yang digunakan alat promosi penjualan sebagai berikut :
1. untuk konsumen antara lain ; contoh atau sample, kupon, tawaran uang kembali atau rabat, paket harga, premi, hadiah, hadiah langsung, percobaan gratis, garansi poduk, promosi gabungan, promosi silang, demonstrasi.
2. untuk para pedagang antara lain ; potongan harga, tunjangan, barang gratis.
3. untuk wiraniaga atau bisnis antara lain ; kontes penjualan, iklan khusus, pameran dagang.

Alat – alat promosi penjualan yang digunakan oleh perusahaan bisa dengan pameran dagang, pemberian potongan harga, dan garansi produk. 
Alat promosi tersebut dimaksudkan agar produk yang dihasilkan dapat terjual untuk meningkatkan volume penjualan dan laba perusahaan. Sasaran yang hendak dicapai adalah konsumen akhir, para pengecer, dan pelanggan baru. 

Faktor – faktor yang diperhatikan dilihat dari sisi intern antara lain ; promosi penjualan jauh lebih mudah diterima sebagai cara efektif untuk merancang penjualan, makin banyak manajer produksi yang mahir menggunakan teknik promosi penjualan, manajer produksi berada dibawah tekanan keras untuk meningkatkan penjualan saat ini. 
Sedangkan dari sisi ekstern antara lain : Jumlah merek meningkat dan produk yang terlihat sama, pesaing lebih memperhatikan dan sering menggunakan promosi, inflasi dan Resesi, efisiensi Iklan berkurang karena meningkatnya biaya, kekacauan media dan hambatan hukum, pabrik lebih ditekan oleh dunia perdagangan untuk menawarkan transaksi cepat.

Teknik lain yang bisa digunakan adalah sebagai berikut : 
a. Menggunakan iklan khusus seperti ; pemberian kalender, dan jam dinding sebagai hadiah yang didalamnya memuat hasil produksi, logo perusahaan dan alamat perusahaan, diharapkan para pelanggan tetap dapat selalu ingat akan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. 
b. Mengembangkan periklanan baik dengan meningkatkan frekuensi pemasangan iklan – iklan maupun meningkatkan variasi dan daya tarik kegiatan periklanan, agar dapat menarik konsumen untuk melakukan pembelian.
c. Perusahaan melakukan promosi penjualan secara berkesinambungan.


http://www.shvoong.com/business-management/business-ideas-and-opportunities/2062162-teknik-promosi-penjualan-perusahaan-furniture/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Sharing With Me. All rights reserved.
Blogger template created by Templates Block | Start My Salary
Designed by Santhosh